Buscar

Rabu, 01 Februari 2012

Penari pun Diwisuda

Jombang: Tak cuma mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan yang diwisuda. Penari di Jombang, Jawa Timur, juga menjalani wisuda karena dianggap menguasai berbagai jenis tarian Jawa kuno.Tak hanya penari dewasa. Penari anak-anak pun turut serta dalam ritual wisuda penari di Jombang, Selasa (31/1), yang dianggap sakral. Dalam ritual ini para penari diperciki air suci dan dikalungi selendang merah tanda kelulusan.
Menjadi bagian dari para wisudawan ini bagi masyarakat jombang adalah suatu hal membanggakan. Karena untuk menguasai beragam tari Jawa kuno, paling tidak dibutuhkan waktu lima tahun.
Sementara air suci yang digunakan untuk memercikkan dan memandikan penari, diambil dari petirtaan Sunan Drajat yang merupakan peninggalan zaman Kerajaan Airlangga. Petirtaan berusia lebih dari 8 abad ini terletak di Desa Made, Jombang. Petirtaan kuno ini erat kaitannya dengan keturunan raja Majapahit.
Ritual tahunan wisuda penari di petirtaan Sunan Drajat ini diterapkan secara turun temurun. Diyakini dengan menjalani ritual ini aura seorang penari akan terbangkitkan dan akan dapat selalu memukau penonton.
Usai jalani prosesi wisuda, para penari unjuk kebolehan. Mereka menghibur ratusan warga yang datang.(AIS)

0 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... -->
 
All About Lembaga cyber information | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger