Buscar

Minggu, 19 Februari 2012

Demo Korupsi yang Marak Terjadi

 
Sejak munculnya masa reformasi di Indonesia, demo menjadi suatu hal yang sangat lumrah dan biasa terjadi di negeri ini. Tak hanya di kota-kota besar seperti ibu kota, di kota-kota kecil pun demo bisa terjadi karena berbagai penyebab. Salah satu demo yang sering terjadi adalah demo korupsi.
Dari namanya, Anda pasti sudah tahu apa penyabab demo korupsi.
Tidak bisa dipungkiri, negeri kita memiliki banyak sekali kasus korupsi yang kebanyakan dilakukan oleh para pejabat atau petinggi negara. Hal inilah yang mendorong masyarakat, terutama para mahasiswa, untuk mengadakan demo korupsi.
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pelaksanaan demo korupsi ini tentu bertujuan baik. Demo korupsi adalah suatu bentuk protes karena terjadinya korupsi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu lembaga. Demo menjadi suatu tanda akan ketidak puasan masyarakay terhadap kinerja pemerintah.
Walau bertujuan baik, terkadang demo korupsi menjadi sesuatu hal yang tidak pantas, malah sering menjadi perselisihan yang menakutkan bagi para warga sekitar. Lalu bagaimana agar demo korupsi bisa berjalan sebagaimana mestinya tanpa menimbulkan kerugian bagi siapapun?

Anjuran dalam Pelaksanaan Demo
  • Demo yang baik adalah demo yang menaati peraturan, begitu pula dengan demo korupsi. Salah satu peraturannya adalah selalu meminta izin pada pihak berwajib tentang adanya pelaksanaan demo.
  • Berdemolah dengan kepala dingin. Menurut fakta, banyak sekali pendemo yang mudah sekali tersulut emosinya. Ketika tuntutannya tidak terpenuhi, perselisihan antara pendemo dan pihak berwajib pastilah terjadi. Hal ini tentu bukanlah tujuan berdemo, bila terjadi perselisihan, pendemo jugalah yang akan rugi.
  • Hindari membawa senjata tajam atau barang-barang lain yang merusak. Kita harus ingat bahwa demo korupsi bukan untuk melukai siapapun. Kadang pendemo sering melakukan aksi pembakaran ban bekas. Sebaiknya hindari hal in, selain merusak lingkungan, hal ini tidak memiliki manfaat apapun.
  • Jangan pernah menjadi provokator. Demo korupsi yang baik adalah demo yang berjalan lancar tanpa harus terjadi perkelahian.
  • Berdemolah dengan tertib tanpa harus mengganggu orang lain. Demo memang pasti akan mengganggu atau membuat lalu lintas menjadi macet, namun hal ini adalah hal yang wajar. Hal yang paling parah adalah bila pendemo mulai merusak fasilitas umum bahkan kendaraan pribadi orang.
Hal yang Harus Dihindari
Selain merugikan orang lain, hal ini bisa merugikan pendemo sendiri. Misalnya tertangkap polisi, bisa juga masyarakat akan sinis dan beranggapan miring pada para pendemo. Hal ini tentu tidak diharapkan, bukan?
Anjuran berdemo yang lain adalah menghindari membawa anak kecil saat melakukan demo korupsi. Hal ini tidak ada gunanya, apalagi anak kecil belum mengerti apa-apa. Sebelum melakukan demo korupsi, hendaknya anggota demo sudah debriefing atau diberi pengarahan tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan hal apa saja yang sebaiknya dihindari.

0 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... -->
 
All About Lembaga cyber information | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger