Buscar

Kamis, 15 Maret 2012

Inovasi Penjualan Dengan Adopsi Sistem Waralaba

Keunggulan CNI dalam marketing saat ini ialah mereka membangun jaringan penjualan, tanpa konsumen takut mereka akan 'diprospek'. Caranya dengan mengadopsi sebagian sistem waralaba, didirikan Distribution Center (DC) dan cafe, di mana calon konsumen bisa membeli produk yang diinginkan tanpa harus menjadi member MLM. Konsumennya juga diberi kemudahan dengan sistem pemesanan delivery service dan akses komunikasi sebanyak mungkin.

CNI berdiri sejak Oktober 1986, di Bandung dengan nama awal PT Nusantara Sun-Chlorella Tama (NSCT). Pendirinya 4 orang hebat yaitu Ginawan Chondro, Yanki Regan, Wirawan Chondro dan S Abrian Natan, Pemimpin Perusahaan/ CEO CNI Indonesia yaitu S Abrian Natan.

Menerapkan sistem Direct Selling-Multi Level Marketing (MLM), NSCT pada awalnya hanya memasarkan satu jenis produk impor dari Jepang yaitu Sun Chlorella A. Hingga saat ini produk Sun Chlorella masih menjadi salah satu produk unggulan CNI.

Setelah sukses di Indonesia, CNI yang lahir 25 tahun silam ini terus berkembang hingga ke mancanegara dan kini telah hadir pula di Malaysia, Hongkong, Taiwan, Singapura, Filipina, Brunei, India dan China di bawah manajemen dari CNI Corporation yang berpusat di Malaysia.

Demikianlah CNI menjadi MLM Lokal yang banyak melahirkan leader, dan terus mendapat apresiasi masyarakat. Tahun 2010 CNI sudah ke 4 kali berturut-turut mendapat penghargaan sebagai The Company with The Best Corporate Image di ajang Indonesia's Most Admired Companies (IMAC)

Kelebihan CNI
Ada sekitar 200 item produk CNI. Dibagi dalam beberapa kategori seperti Health Food, Food & Beverage, Personal Care, Home Care dan Farming (Produk Pertanian).

“Yang paling diminati masyarakat adalah CNI Ginseng Coffee (Peraih Top Brand Award 2011  untuk kategori kopi ginseng), Up Cocoa Hot Chocolate, CNI-Sun Chlorella, CNI Ester-C Plus, Pasta gigi Winz krim multiguna Nutrimoist,” jelas Pramesti Indah Permatasari, Head of Service & Public Affair Division PT CNI.

Keunggulan sistem bisnis CNI adalah dengan menerapkan sistem Direct Selling-Multi level Marketing (MLM) yang sejak 25 tahun diusung. CNI terus mengembangkan berbagai terobosan dan meningkatkan kualitas produk dan layanan bagi seluruh konsumen.

CNI Kini telah menyempurnakan konsep bisnisnya yang lebih terbuka. Salah satunya dapat dilihat dengan dibukanya CNI Creative Center (C3) di bilangan Puri Indah, Jakarta Barat ang dilengkapi berbagai fasilitas seperti galeri produk, sales area, cafe, salon serta laboratorium kesehatan.

CNI juga telah memperbarui dan menstandarisasi sistem layanannya, untuk itu CNI telah menyempurnakan sistem manajemen DC dengan mengadopsi sebagian sisten waralaba/ franchise. Artinya non member Cni pun bisa memiliki dan mengelola DC Chain Store CNI. Dukungan distribusi hingga pengelolaan SDM dan keuangan serta keuntungan yang win-win solution, telah menarik sejumlah investor untuk menjadi pemilik DC CNI. Strategi ini berhasil mendekatkan CNI ke Masyarakat, jumlah DC Chain Store kini tercatat ratusan di seluruh Indonesia.

Secara proaktif Cni juga membentuk komunitas-komunitas yang peduli  akan kesehatan dan kesejahteraan keluarga Indonesia melalui berbagai kegiatan positif, seperti seminar keluarga, keuangan, kesehatan, cooking class, beauty class, serta program pengembangan karakter remaja yang dinamai Citra Pemimpin Remaja (CPR) yang sudah mencetak belasan ribu alumnus dari seluruh Indonesia. Tak heran CNI sudah 5 kali sejak 2007-2011 meraih Penghargaan Corporate Image Award, yang diprakarsai Frontier Consulting Group. Akhir tahun 2010 Cni dinobatkan sebagai pelopor penggunaan plastik biodegradable,” sesuai standar Green Label Indonesia.

Pelayanan Terbaru
Untuk bergabung menjadi anggota CNI ada dua cara. Membeli memberkit seharga Rp. 75.000 atau berbelanja produk-produk Cni minimal Rp. 350.000 dan otomatis menjadi anggota CNI serta mendapatkan “Eksekutif Card.” Bila ingin Platinum Card, berbelanja produk tertentu minimal Rp. 1,5 juta.

Sudah sekitar 100.000 anggota aktif (rutin berbelanja) dan tersebar di seluruh Indonesia. Terbanyak di Pulau Jawa. Presentase member aktif 50%. untuk melayaninya ada sekitar 200 DC yang dikendalikan oleh 10 kantor cabang di seluruh Indonesia.

Sekarang ini konsumen maupun anggota Cni bisa memesan produk-produk CNI dengan menggunakan layanan siap antar (delivery service) di distribution center (DC) CNI tanpa harus bergabung menjadi member atau khawatir akan “diprospek”.

Di sisi lain CNI meningkatkan kualitas produk melalui penerapan quality assurance (QA). Pada aspek pelayanan kepada anggota dan konsumen setianya, CNI memiliki slogan layanan CERMAT (Cepat, Ramah, Mudah dan Tepat) yang membuka akses komunikasi bagi pelanggan melalui layanan front liner di pusat, cabang, capem maupun distribution center CNI dan layanan multimedia (telepon, email maupun sms ke contact center CNI.(*)

Sumber: My Income | Jakarta, September 2011 | Cover Story | Hal : 18 | Berita Ibukota

0 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... -->
 
All About Lembaga cyber information | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger