Buscar

Sabtu, 18 Februari 2012

Menyelamatkan Tanaman Langka Indonesia

Tanaman langka menjadi keprihatian bersama. Di Indonesia ada beberapa flora yang sudah jarang ditemukan di alam bebas. Tanaman langka ini harus segera diselamatkan populasinya agar tak punah dari bumi Indonesia. Salah satu contoh tanaman langka adalah pohon Ulin yang ada di Kalimantan, dahulu pohon Ulin ditebang untuk diambil kayunya.
Namun penebangan pohon Ulin yang begitu massif menjadikan pohon ini langka di hutan Kalimantan. Penyebab tanaman ini menjadi langka karena berbagai faktor, misalnya ulah manusia maupun akibat fenomena alam. Walaupun demikian kelestarian tanaman langka, menjadi pekerjaan rumah buat pemerintah maupun masyarakat yang peduli terhadap kelestarian flora Indonesia.  
Jangan sampai nanti tanaman langka milik Indonesia dikembangkan oleh pihak luar lantas diakui sebagai milik negara tertentu, apa lagi jika tanaman langka tersebut memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dan masyarakat Indonesia hanya bisa kecewa serta gigit jari. Sebisa mungkin jangan lagi kita kedahuluan pihak lain untuk memuliakan tanaman langka asli Indonesia. 

Penyebab Punahnya Tanaman Langka

Ancaman tanaman langka secara general bisa di bagi menjadi 3 golongan, penyebab populasi tanaman langka menjadi berkurang. Namun yang paling banyak adalah ulah manusia itu sendiri yang mengeskploitasi jenis tanaman tertentu untuk diambil manfaatnya tanpa ada upaya melestarikan lagi.

1. Penyebab Punahnya Tanaman Langka - Faktor Alam 

Salah satu penyebab punahnya tanaman langka maupun hewan langka adalah fenomena alam. Faktor alam berupa bencana banjir, erupsi, kebakaran hutan dan hujan meteor menjadi salah satu penyebab musnahnya tanaman langka.
Salah satu bukti peninggalan tanaman langka yang musnah karena faktor alam adalah batubara.  Batubara adalah fosil flora yang terbakar karena hujan meteor, kebakaran menghanguskan area hutan purba hingga menjadi arang, tak pelak spesies tanaman purba punah dari muka bumi tanpa regenerasi lagi.
Faktor fenomena alam lain kenapa tanaman langka punah, disebabkan oleh erupsi gunung volcanic, seperti musnahnya flora dan fauna di Kepulauan Krakatau ketika Gunung Krakatau meletus hebat hingga menenggelamkan pulau tersebut.   Tanaman endemic pulau Krakatau pun ikut musnah tanpa ada yang diselematkan. Dan kalaupun ada, tanaman itu pasti sudah berpredikat sebagai tanaman langka.

2. Penyebab Musnahnya Tanaman Langka - Faktor Manusia 

Musnahnya tanaman langka disebabkan oleh ulang tangan manusia yang mengambilnya dari alam untuk digunakan sebagai bahan baku pembuat benda yang memiliki nilai ekonomis. Ekslpoitasi tanaman ekonomis dari habitatnya menjadikan populasi tanaman berkurang, dan akhirnya menjadi tanaman langka.  
Namun eksploitasi ini tak diiringi dengan pemuliaan tanaman tersebut, akhirnya menusia menjadi kesulitan mencari tanaman tersebut, predikat tanaman langka pun menempel. Ambil contoh ketika Bonanza kayu hitam Ebony yang terkenal dari Sulawesi, kayu hitam ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena terkenal kayu yang kuat dan tahan lama. Kayu Ebony cocok dipakai sebagai bahan baku pembuat kapal, rumah dan aneka furnitur.
Namun sayangnya masyarakat setempat tak ada kesedaran untuk membiakan Pohon Ebony agar tetap lestari dan menjaga cadangan bahan baku. Akibatnya, pohon ini pun berstatus sebagai tanaman langka.

3. Penyebab Musnahnya Tanaman Langka - Segala Macam Polusi

Faktor lain yang menyebabkan tanaman langka musnah atau banyaknya tanaman menjadi langka adalah maraknya polusi yang dihasilkan dari limbah industri dan mesin motor. Polusi air maupun udara dapat mematikan spesies tanaman karena keracunan bahan berbahaya yang dihasilkan dari limbah.
Contohnya luas hutan bakau yang kian menyusut karena polusi laut berupa tumbahan minyak dan oli dari kapal-kapal yang berlayar. Oli dan minyak mentah bisa mematikan biodata laut dan unsur hara pada tanah di area hutan bakau. Akhirnya Pohon Mangrove menjadi mati tanpa ada upaya pemulihan. Status tanaman langka pun disandangnya.

4. Penyebab Musnahnya Tanaman Langka - FaKtor Penyakit 

Salah satu tumbahan menjadi langka atau musnahnya tanaman langka itu sendiri adalah faktor penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun penyebab langkahnya tumbuhan karena faktor penyakit sangatlah jarang terjadi. Kalaupun ada mungkin karena anomaly cuaca seperti intensitas hujan yang tinggi sehingga tanah di sekitarnya menjadi lembap.
Kelembapan yang tinggi menyebabkan timbulnya jamur dan bakteri yang menyerang akar pohon dan tunasnya, sehingga tanaman menjadi mati, atau jumlahnya berkurang sehingga menjadi tanaman langka.

5. Penyebab Musnahnya Tanaman Langka - Faktor Hama atau Hewan

Tanaman langka terjadi karena faktor lain seperti serangan hama dan hewan. Ketika populasi serangga seperti belalang meledak, lantas memakan tumbuhan apa saja di mana kawanan serangga itu hinggap. Belalang terkenal pelahap daun yang rakus. Area padang savanna seluas 20 hektar bisa habis dilahap dalam hitungan jam saja.  

Aksi Sosial Peduli Tanaman Langka

Guna menyelamatkan tanaman langka dari kemusnahan maka diperlukan aksi nyata kita sendiri. Kesadaran memuliakan tanaman langka agar bisa dikembangbiakan merupakan keharusan. Apalagi tanaman langka yang bernilai ekonomis tinggi namun tingkat perkembang biaknya sulit.
Masalah seperti ini butuh penanganan serius dan berkelanjutan. Pihak yang seharusnya menangani pemuliaan tanaman langkah adalah pemerintah dengan instansi terkait seperti Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, kemudian LSM yang bergerak di bidang pelestarian alam juga kita sebagai masyarakat Indonesia. 
Aksi  kepedulian tanaman langka juga dikampanyekan kepada anak-anak sekolah dan mahasiswa agar mereka sadar bahwa ada spesies tanaman yang terancam punah, dan butuh uluran tangan dari generasi muda untuk menyelamatkan tanaman langka asli Indonesia dari kepunahan.  
Aksi berikutnya untuk amenyelamatkan tanaman langka adalah mengadakan semacam gerakan penyadaran kepada masyarakat luas terutama penduduk di sekitar hutan, akan pentingnya pelestarian hayati Indonesia. 

Budidaya Tanaman Langka

Salah satu upaya penyelamatan tanaman langka Indonesia adalah dengan membudidayakan spesies tanaman langka yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Cobalah Anda membeli bibit tanaman langka seperti bibit pohon Ulin dari Kalimantan, tanam bibit tersebut di pekarangan rumah.
Pohon Ulin merupakan jenis tanaman keras yang diambil kayunya. Janganlah berhenti pada menanam saja, melain juga harus dirawat seperti disirami dan diberi pupuk. Kalau perlu halaman rumah atau kebun Anda ditanami aneka tanaman langka yang memberikan nilai ekonomis.
Jika Anda berhasil membiakan tanaman langka, usaha ini bisa dijadikan bisnis yang mendatangkan laba. Harga tanaman langka sangatlah mahal karena sulit didapatkan di pasaran. Dan tanaman langka ternyata dicari oleh kolektor dan penggemar tanaman hias, mereka bersedia membayar mahal asalkan mendapatkan tanaman yang diinginkan karena keberadaan tanamannya yang terbatas dan unik. 

Jenis Tanaman Langka

Ternyata banyak sekali spesies tanaman langka di Indonesia yang terancam punah, karena sudah jarang dijumpai di habitat aslinya. Tanaman langka hanya bisa ditemukan di balai konservasi tanaman dan kolektor tanaman langka. Berikut ini adalah nama-nama spesies tanaman langka asli Indonsia:

1. Jenis Tanaman Langka Asli Indonesia - Buah Kepel

Salah satu spesies tanaman langkah di Indonesia adalah buah Kepel atau dalam istilah latinnya stelechocarpus burahol. Pohon Kepel dahulu banyak tumbuh di Jawa, tinggi pohon bisa mencapai 20 meter dengan karakter kayu yang keras. Sedangkan buahnya akan muncul di sekujur badan pohon dan pangkal cabang.
Buah kepel berbentuk bulat sebesar kepal orang dewasa. Daging buah berwarna jingga rasanya manis menyegarkan, dari daging buah menebar aroma harum seperti sawo. Sekarang ini buah kepel sudah sulit dijumpai di pasar, tentu saja karena pohon ini termasuk tanaman langka, karena pohonnya sudah jarang dijumpai di alam bebas.  Pohon Kepel cocok ditanam di kebun sebagai pohon perindang. 

2. Jenis Tanaman Langka Asli Indonesia - Pohon Gayam 

Gayam atau Inocarpus fagiferus merupakan salah satu tanaman langka Indonesia yang terancam punah. Keberadaan pohon Gayam sekarang jarang dijumpai di alam bebas. Pohon Gayam diambil buahnya yang bisa dimakan. Di habitat aslinya pohon ini bisa dijumpai di pinggir kali, menyukai tanah yang berair dan memiliki unsur hara yang tinggi.  
Gayam merupakan tanaman langka bertekstur keras yang memiliki banyak cabang. Pohon Gayam bisa diperbanyak dengan menanam bijinya sebagai benih. Menjaga dan melindungi kelestarian hayati Indonesia merupakan tanggungjawab generasi muda.
Spesies tanaman langka kian banyak menjadi kekhawatiran kita bersama dan masalah ini tak bisa dibiarkan berlarut-larut, jangan menunggu kepunahan massal hayati Indonesia

0 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... -->
 
All About Lembaga cyber information | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger