Buscar

Sabtu, 18 Februari 2012

Menggali Potensi wisata Gersik

Gresik adalah nama sebuah kabupaten di Surabaya yang berbatasaan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto di bagian selatan, Kabupaten Lamongan di bagian barat, Laut Jawa di bagian utara, dan Selat Madura di bagian timur.
Nama Gresik itu sendiri konon berasal dari kata ‘Giri resik’ yang berarti gunung yang berada di tepi pantai. Hal itu sangat pas jika kita hubungkan dengan lokasi Gresik sendiri yang memang berada di pinggir pantai, bahkan salah satu bagiannya terletak di seberang pulau dengan nama Pulau Bawean.
Sebagian besar wilayah Gresik ini termasuk dataran rendah yang ketinggiannya tidak lebih dari 12 meter di atas permukaan laut. Secara keseluruhan wilayahya memiliki luas daratan 1.192,25 Km², sedangkan perairannya memiliki luas 5.773.80 Km².
Luas perairan Gresik yang lebih luas ini menjadikannya sebagai kota yang memiliki potensi perikanan atau wisata air yang baik. Namun entah kenapa justru dari tahun ke tahun penghasilan ikannya semakin berkurang. Termasuk hasil perikanan yang di ekspor ke luar negeri yang merupakan sumber devisa negara.
Sementara itu untuk bidang pertanian Gresik beberapa hasil yang cukup besar ada pada padi, jagung, kedelai, dan tebu. Lain cerita dengan wisata airnya yang semakin berkembang.
Gresik memiliki berbagai objek wisata menarik. Jika Anda mendapatkan kesempatan untuk ke kota ini, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke objek-objek wisata ini. Objek wisata Gresik cukup lengkap, mulai dari pantai, danau atau pegunungan yang menyajikan kekhasan tersendiri di setiap tempatnya. Hal ini membuat Gresik layak dikunjungi sebagai tempat tujuan wisata.

Objek Wisata Pantai di Gresik

Jika Anda ingin berwisata pantai, cukup banyak pilihan yang bisa Anda pilih untuk dikunjungi di kota Gresik ini. Di antaranya adalah Pantai Delegan, Pantai labuhan, Pantai Mayangkara, dan Pantai Mengare.

1. Pantai di Gresik - Pantai Delegan

Pantai Delegan ini merupakan salah satu pantai yang cukup ramai. Letaknya berada di Desa Delegan, tepatnya di Kecamatan Panceng. Jika Anda pergi dari Kota Gresik jaraknya sekitar 40 km untuk menuju pantai ini. Pantainya berpasir putih dan sering dijadikan tempat untuk para wisatawan berburu Sunset di sore hari. Ombaknya cukup tenang, sehingga seringkali digunakan untuk berenang. Sangat cocok untuk bermain pasir atau berenang bersama anak-anak karena tempatnya selain memang cukup indah dan alami, juga cukup aman jika dilihat dari kondisi lautnya. Jika Anda gemar memancing atau ingin berperahu, Pantai Delegan yang ada di Gresik ini juga cukup kondusif untuk memfasilitasi hobi Anda tersebut.

2. Pantai di Gresik - Pantai Labuhan

Pantai ini berada di Kecamatan Bawean Gresik. Tempat ini cukup terkenal hingga ke mancanegara karena keindahan pantainya yang tak kalah dengan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali. Itulah sebabnya banyak turis yang datang dan menikmati wisata pantai di Pantai Labuan ini. Selain anginnya cukup bersahabat, pantai yang terletak di Desa Paromaan ini memiliki pasir yang juga indah. Pantai ini merupakan salah satu ikon untuk pantai di Pulau Bawean, Gresik. Menjadi salah satu tempat berlabuh untuk kapal-kapal yang sedang berlayar, termasuk kapal-kapal laut dari luar negeri menuju Pulau Bali yang menjadi tempat utama tujuan wisata mereka. Tempat yang memang jika dilihat dari segi parawisata sudah cukup diakui dunia karena didukung oleh fasilitas wisata yang sangat lengkap.

3. Pantai di Gresik - Pantai Mayangkara

Pantai ini terletak di Pulau Bawean, Gresik. Tepatnya berada di Desa Kepuh Teluk. Lokasinya sangat mudah untuk dicapai karena hanya berjarak 500 meter saja dari jalan raya Sangkapura, Kecamatan Tambak. Jalan utamanya menuju lokasi sudah beraspal di sepanjang pantai, sehingga jika Anda mempergunakan kendaraan dan menyusuri jalan tersebut, Anda juga bisa sambil menikmati keindahan panorama pantai yang memikat ini.
Pantai yang menjadi saksi pengabdian cinta Siti Jaenab kepada suaminya Sunan Giri. Jika Anda pernah berkunjung ke Pantai Pataya di Thailand, pasti juga akan merasa sensasi dejavu ketika berada di Pantai  Mayangkara, Gresik karena konon menurut banyak orang, memiliki keindahan yang hampir sama dengan Pantai Pataya di Thailand.
Oleh karena itu, jika Anda belum ke sana, tidak perlu jauh-jauh, cukup berkunjung ke Gresik saja, maka Anda dapat menikmati keindahan Pantai Pataya versi Indonesia dengan tarif yang tentu saja jauh lebih hemat dibandingkan jika Anda harus pergi ke Thailand.

4. Pantai di Gresik - Pantai Mengare

Ini adalah salah satu pantai yang cukup tenang yang terletak di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Kebanyakan orang-orang yang mengunjungi pantai ini adalah mereka yang ingin menyusuri peninggalan-peninggalan bersejarah yang tersisa dan tersembunyi di semak belukar Pulau Mengare ini.
Dari portal Sembayat menuju lokasi ini memerlukan jarak tempuh yang cukup lumayan yaitu 12 km. Namun lelah Anda akan terbayar setelah menyaksikan keindahan dan ketenangan pantai ini, termasuk wisata sejarah yang dapat Anda lakukan di sini. Salah satu wisata sejarah yang dapat Anda dikunjungi yaitu sumur tua yang letaknya di Dusun Kramat, Gresik yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda.
Ada juga goa-goa yang menjadi tempat persembunyian tentara Belanda untuk berlindung dari serangan para tentara Indonesia di kala itu. Goa-goa ini berada di Dusun Watu Gajah dan Karang Liman, Gresik, di tengah hutan belantara. Para warga setempat menyebutnya nomeran untuk mempermudah mengingat lokasi-lokasi bersejarah ini.

Objek Wisata Danau di Gresik

1. Danau di Gresik - Danau Kastoba

Danau yang berudara segar ini terletak di Desa Paromaan Kecamatan Gresik. Danau ini berada di puncak ketinggian, tepat di tengah Pulau Putri Bawean. Untuk mencapainya Anda bisa berjalan kaki melawati jalan setapak sambil menikmati rindangnya pepohonan raksasa yang sudah berumur ratusan tahun. Indah, segar, dan tenang.
Anda hanya akan mendengarkan kicauan burung dan suara-suara alam yang memesona semua indera Anda. Jika sudah sampai di danau, mata Anda akan disuguhi hamparan air tenang yang luas. Sesekali ditiup angin tentunya membuat hati Anda semakin tenang, sehingga betah berlama-lama menikmati keindahan danau di Gresik ini.

2. Danau di Gresik - Telaga Ngipik

Di Telaga ngipik yang terletak di kawasan industri Gresik ini Anda bisa menikmati wisata air. Menikmati keindahan panorama telaga dengan menaiki perahu karet yang dapat mengantar Anda berkeliling. Karena letaknya yang strategis dengan luas yang memadai, telaga ini kerap kali dijadikan tempat para atlet ski air berlatih, bahkan sempat dijadikan tempat untuk ajang kejuaraan Ski Air tingkat Jawa Timur pada 1999.
Jika Anda lelah dan ingin menikmati makana khas Gresik, Anda juga bisa mengunjungi kafetaria yang terdapat di objek wisata ini. Jika beruntung, pada hari-hari tertentu Anda juga dapat sambil meniikmati beragam hiburan yang dipertontonkan di sekitar Telaga Ngipik ini. Pesta rakyat yang menampilkan berbagai jenis kesenian, baik yang tradisional maupun modern.

Objek Wisata Pegunungan di Gresik

1. Gunung di Gresik - Gunung Kapur Sekapuk

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa salah satu gunung yang ada di Gresik ini adalah jenis gunung kapur. Letaknya di Kecamatan Ujung Pangkah yang penduduknya didominasi oleh petani dan penggali tambang di gunung kapur ini.
Sebetulnya gunung di Gresik ini tak lebih dari sekadar perbukitan kapur biasa, namun sejak perbukitan kapur ini mulai digali, digergaji ataupun dipahat membuat perbukitan ini memiliki keeksotisan tersendiri, sehingga banyak dikunjungi orang untuk sekadar menikmati keindahannya.
Bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda ingin melakukan foto prawedding yang tak biasa. Kawasan ini cukup panjang, mulai dari Desa Sekapuk sampai Desa Canga’an Gresik. Jika diukur kira-kira bentangannya sepanjang 2-3 km. Untuk menempuhnya cukup 5 km dari arah Pantai Jawa.
Untuk menikmati keindahan gunung kapur asli Gresik ini Anda bisa bersepeda, berjalan kaki, atau berkendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Mengambil titik-titik yang unik dan bagus untuk diabadikan dalam frame foto Anda bersama teman atau kerabat.

2. Gunung di Gresik - Gunung Surowiti

Gunung Sirowiti ini letaknya di Desa Surowiti. Dari kota Gresik cukup menempuh jarak 3km dari jalan raya Panceng.Yang menarik di tempat ini adalah pilihan kegiatannya yang cukup beragam, mulai dari wisata outbound, perkemahan, panjat tebing, bahkan wisata rohani karena memang di sinilah napak tilas Sunan Kalijaga dalam melakukan penyebaran agama Islam.
Walaupun demikian, yang berkunjung ke sini tidak hanya umat islam tapi juga umat lainnya. Tempat ini sering dijadikan tempat berkemah para pencinta alam atau pramuka karena memang lokasinya sangat pas untuk berkemah. Juntuk para pemanjat tebing juga tempat ini sangat pas untuk memenuhi hasrat memanjat Anda di Gresik.

0 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... -->
 
All About Lembaga cyber information | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger