Buscar

Sabtu, 15 Oktober 2011

Waspadai Malware yang Mendompleng Berita Kematian Osama!

Kematian Osama bin Laden memicu para user untuk memburu berita terbaru mengenai peristiwa tersebut di internet. Hati-hati, jangan sampai terjebak malware!
Diketahui, pelaku di balik malware cepat tanggap mengenai berita-berita besar di dunia dan menggunakannya untuk menjerat korban. Eksploitasi berita besar di internet memang merupakan standar prosedur operasi bagi para penggodok virus dan pelaku kejahatan cyber lainnya. Teknik yang dinamakan ‘social engineering’ ini memanfaatkan sifat ingin tahu manusia agar mereka terjebak dalam sebuah bentuk scam (penipuan di internet).
Salah satu trik pencipta malware ini adalah dengan membuat foto palsu Osama untuk menarik korbannya. Saat user mengklik foto tersebut ia lantas diarahkan untuk mendownload salinan VLC video player guna melihat video kematiannya. Tentu saja yang didownload user akhirnya bukanlah pemutar video VLC namun file jahat bernama XvidSetup.exe.
Trik lainnya yang dijalankan penjahat cyber ialah dengan membuat link berita Osama yang bila diklik, maka user akan diarahkan ke situs yang mengandung software antivirus palsu. Maka, wahai pengguna internet, berhati-hatilah bila menjumpai kata-kata seperti “Osama Bin Laden Dead”, “Al Qaeda”, Navy Seals” dan Obama Address” karena hasil pencarian tersebut rawan disusupi malware.
Apa yang lantas terjadi jika user menjadi korban? Sejumlah kelumpuhan akan dialami oleh piranti mereka dan beberapa komputer bahkan tidak berfungsi. Sedangkan rentetan peringatan palsu yang muncul di komputer adalah pertanda yang paling kelihatan bahwa komputer mereka telah terinfeksi malware.
Perusahaan keamanan dari Symantec sendiri memprediksi, dalam rentan 24 jam sejak  Osama meninggal, sebanyak 100 juta email spam telah dikirimkan.
Berikut tips dari sejumlah perusahaan keamanan untuk menghindari penipuan ini:
1. Alih-alih mengklik link apapun yang mengarah ke situs berita tertentu, Anda sebaiknya langsung menuju situs aslinya.
2. Jika Anda menjumpai laman Facebook yang menawarkan tiket gratis dalam rangka merayakan kematian Osama, hiraukan saja.
3. Pastikan software keamanan Anda selalu update.
4. Jangan mudah mengklik link situs-situs yang bertebaran di internet. Usahakan situs yang Anda kunjungi itu terpercaya.
[dew / Internet Sehat]
about Cyber Information http://aboutcyberinformation.blogspot.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... -->
 
All About Lembaga cyber information | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger