Buscar

Minggu, 03 Juni 2012

Minuman Buah Bisa Merusak Email Gigi


Para dokter gigi telah memperingatkan tentang dampak negatif dari sejumlah minuman buah yang dapat berubah menjadi seasam cuka.
Biasanya minuman buah diberikan kepada anak-anak untuk melengkapi kebutuhan nutrisi buah mereka.
Namun sebuah investigasi menemukan banyak kandungan asam tingkat tinggi yang dapat menggerus email gigi.
Peringatan tersebut muncul saat terungkapnya masalah gigi pada kebanyakan pasien anak-anak yang berobat ke rumah sakit tahun lalu.
Minuman This Water dengan rasa lemon dan lime (jeruk limau) mempunyai derajat pH 2,7, lebih asam daripada cuka yang mempunyai derajat pH 2,9.
Dalam skala keasaman, 7 menunjukkan netral dan 1 sangat asam.
Email gigi mulai rusak jika kandungan pH lebih tinggi dari 5,5.
Minuman lainnya yang diuji, termasuk Tropicana orange juice, Copella apple juice dan Innocent smoothies, semuanya mengandung tingkat keasaman antara 3,3 hingga 3,8. Yang paling asam adalah Coca Cola, dengan derajat pH 2,5.
Dr Kathy Harley, dekan pada fakultas kedokteran gigi di Royal College of Surgeons, mengatakan banyak orang tua yang kurang paham bahwa kombinasi keasaman yang tinggi dan gula dapat merusak gigi anak-anak mereka.
Tahun lalu ia sudah memperingatkan, bahwa 50% anak-anak usia 5 tahun mengalami kerusakan gigi akibat kelebihan asam pada asupan mereka.
Pihak produsen minuman buah tidak mencantumkan derajat keasaman pada produk mereka.
Angka dari Departemen Kesehatan menunjukkan permasalahan gigi menempati peringkat ketiga keluhan pasien di rumah sakit di Inggris pada Desember 2011, di mana yang pertama dan kedua adalah infeksi akibat virus dan gangguan yang terkait dengan kelahiran prematur.
Himbauan Pemerintah Inggris menyatakan bahwa setiap orang seyogyanya mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur sehari, dengan 150 ml jus buah dihitung sebagai 1 porsi.
Dr Harley mengatakan, anak-anak sebaiknya memenuhi himbauan tersebut dengan memakan buah bersama-sama dengan makanan dan minum jus cukup sekali seminggu saja.
Para dokter gigi juga menyarankan agar minum air setelah mengkonsumsi jus untuk meredam kandungan asamnya.
This Water yang mengatakan kalau produknya bukan untuk anak-anak, menambahkan: “Resep yang dipertanyakan terbuat dari jus lemon dan lime segar, sehingga keasamannya alami.”
Dokter gigi mengatakan, daripada mengkonsumsi buah dan jus buah sebagai kudapan, lebih baik mengkonsuminya saat makan atau bersama-sama dengan makanan yang mengandung kalsium, seperti keju, yang dapat menetralisir asam.
Anak-anak diharuskan minum air usai minum jus buah untuk menggelontor kandungan asamnya, tapi tidak boleh menggosok gigi hingga sekurangnya 1 jam setelah itu, karena kandungan asam akan melemahkan gigi, kata mereka.
Pada 2008 Innocent Drinks, saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh Coca Cola, mengiklankan produknya sebagai ‘Simple, natural refreshment’ dicekal oleh Advertising Standards Authority karena tidak mencantumkan kandungan gula dalam minuman jus produknya.
Juru bicara untuk minuman This Water mengatakan kalau produknya ‘tidak diperuntukkan bagi anak-anak dan tidak dipasarkan seperti itu’.

0 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... -->
 
All About Lembaga cyber information | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger