Asal  mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa  semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk  rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or  Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu  menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua  pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang  paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini,  Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan  cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.
        Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer  kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui  pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com  diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan  memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan).  Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan  “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar  alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja  menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia  melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang  membuat situs serupa”.
2004
Tidak kapok, pada semester berikutnya,  tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs  baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:  http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg  berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat  media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu  bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa  mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.
Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di  kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu  bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah  mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut  bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin  (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum  (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004,  thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston,  AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale,  dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar  penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004,  Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto,  California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan  Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com  mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners.  Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain  mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu  penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi  menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah  memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun  yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan  Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal  tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan  dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2  miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook  mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter  Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun  yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di  pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11  September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to  join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007, Microsoft  mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar.  Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft  memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah  ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga  mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya  di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1  miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam  investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada  Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain  telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai  Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook kini dapat  bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi  kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan  menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan  teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs  Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang  padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di  dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu  dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau  lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa  diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini  bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah mitra  eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya  mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam  jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet  marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang  dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam hal tampilan,  Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster.  Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster  mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML  dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga  semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.
Sekilas Data facebook
Perusahaan   :  Perseroan
Didirikan       :  Cambridge, Massachusetts (4 Februari 2004)
Kantor Pusat:  Palo Alto, California & Dublin, Irlandia (Kantor Pusat Internasional untuk Eropa, Afrika, dan Timur Tengah)
Tokoh Kunci    :  Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO), Dustin Moskovitz  (Co-founder),Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product  Management), Chris Hughes (Co-founder)
Pendapatan   :  USD 300 juta (2008)
Karyawan      :  700 (November 2008)
Situs web      :  www.facebook.com
Versi Bahasa  :  Afrika, Arab, Bengali, Bulgaria, Catalan, China, China (Hong Kong),  China (Taiwan), Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris (American),  Inggris (British), Filipino, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani,  Ibrani, Hungaria, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Korea, Lithuania,  Melayu, Norwegia (bokmål), Polandia, Portugal (Brazil), Portugal,  Rumania, Russia, Serbia, Slovenia, Spanyol (Castilian), Swedia, Thai,  Turki, Vietnam, Wales.
Perkembangan Negatif
- Pada Desember 2008, Mahkamah Agung Australia memutuskan menggunakan data-data pengguna Facebook sebagai salah satu dasar dalam penentuan putusan perkara.
- Universitas New Mexico pada Oktober 2005 memblokir akses Facebook dalam jaringannya dengan dalih situs Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus. Pemerintah Provinsi Ontario, Kanada juga memblokir akses Facebook dengan alasan yang hampir serupa.
- Beberapa negara sampai saat ini masih melarang akses Facebook ke warga negaranya. Pemerintah Syria melarang akses Facebook dengan alasan situs ini akan dimanfaatkan oleh Israel untuk meluaskan pengaruhnya. Pemerintah Iran juga memblokir Facebook karena khawatir media ini akan digunakan pihak oposisi untuk menggalang jaringannya.
- Pada 5 Februari 2008, seorang warga negara Maroko, Fouad Mourtada, ditahan oleh kepolisian setempat karena membuat profil palsu atas nama Pangeran Moulay Rachid yang merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan Maroko.
- Sejumlah pengguna yang ingin keluar dari jaringan Facebook mengeluh kesulitan dalam menghapus profilnya. Hal ini terjadi karena sebelumnya Facebook hanya mengizinkan pengguna untuk sekedar deaktivasi saja sedangkan data-data pribadi tetap tersimpan dalam server Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para pengguna yang ingin benar-benar menghapus seluruh datanya. Menanggapinya, pihak Facebook kemudian merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga sejak saat itu pengguna yang ingin keluar dapat meminta data-data pribadinya untuk dihapus sama sekali dari jaringan Facebook.
- Pada 2004, ConnectU, sebuah situs yang mirip dengan Facebook, membuat tuntutan hukum kepada Zuckerberg atas tuduhan penjiplakan ide kreatif dan source code. Para pendiri ConnectU (Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang merupakan rekan sekelas Zuckerberg di Harvard beranggapan bahwa konsep dasar Facebook adalah ide mereka dan Zuckerberg hanyalah orang yang disewa untuk mendesainnya.
- Seorang warga negara Kanada, Adam Guerbuez, pernah memanfaatkan situs Facebook untuk mengiklankan produk pembesaran penis dan penggunaan mariyuana. Pihak Facebook kemudian menggugat Guerbuez di pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
- Pada 24 Juli 2008, Grant Raphael, seorang warga Inggris diseret ke meja hijau atas tuduhan membuat profil palsu yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya, Mattew Firsht, sebagai seorang homoseksual.
- Pesepakbola tenar Italia, Alessandro Del Piero menggugat Facebook pada 9 Februari 2009 karena memuat profil palsu dirinya yang berisi tautan-tautan ke berbagai situs propaganda Nazi. Del Piero kemudian menyatakan bahwa ia bukan pendukung Nazi dan sama sekali tidak pernah memiliki akun apapun di Facebook.
 
 
0 komentar:
Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini